PERPUSTAKAAN SMAN 1 Bandung: Pelayanan Sirkulasi AKB
>SILAHKAN KLIK

Pages

Ads 468x60px

Senin, 10 September 2012

Pelayanan Sirkulasi AKB


1Layanan Peminjaman Koleksi 

Kegiatan pelayanan sirkulasi dimana anggota perpustakaan SMAN 1 Bandung yang telah terdaftar atau memenuhi persyaratan tertentu diperbolehkan meminjam koleksi milik perpustakaan SMAN 1 Bandung yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

* Peminjaman Buku Pelajaran selama 2 Minggu
* Peminjaman Buku Novel/ Biografi selama 1 Minggu

 Standar Operasional Prosedur (SOP)

Pelayanan Sirkulasi

Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandung

Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

1.  Ruang Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandung akan disterilkan dengan menyemprotkan cairan disinfektan sebelum perpustakaan dibuka, pada saat istirahat dan setelah perpustakaan ditutup.

2.  Pemustaka SMA Negeri 1 Bandung wajib memakai Alat Pelindung Diri (APD) diantaranya masker atau face shield.

3.    Pemustaka yang akan mengunjungi Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandung wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu sebelum masuk area perpustakaan.

4.  Pemustaka yang akan masuk dan/atau sedang berada di ruang Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandung wajib menjaga jarak aman 1 sampai 2 meter per orang, sedangkan di ruang baca pemustaka wajib mematuhi tanda-tanda yang telah dipasang di meja baca perpustakaan untuk menjaga jarak aman.

5.   Petugas perpustakaan mengukur suhu tubuh pemustaka yang akan mengunjungi Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandung, pemustaka dengan suhu tubuh lebih dari 37°C tidak diizinkan memasuki area perpustakaan.

6.   Pembatasan jumlah maksimal pengunjung Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandung adalah 10 orang pemustaka secara bersamaan dalam waktu 1 jam.

7.      Peminjaman di tempat dapat dilakukan di meja sirkulasi Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandung.

8.   Pemustaka dapat melakukan pemesanan bahan pustaka yang akan dipinjam melalui aplikasi whatsapp. Apabila bahan pustaka yang dipesan telah tersedia, petugas perpustakaan akan memberikan informasi melalui whatsapp, bahwa bahan pustaka tersebut sudah dapat dipinjam. Apabila bahan pustaka yang akan dipinjam tidak ada di tempat. Maka petugas perpustakaan akan memberikan informasi bahwa bahan pustaka belum tersedia untuk dipinjam.

9.   Untuk proses pengembalian bahan pustaka, peminjam mengembalikan bahan pustaka dengan mendatangi meja sirkulasi Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandung.

10.  Bahan pustaka yang dikembalikan diletakkan di meja khusus yang disediakan di depan meja sirkulasi Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandung. Bahan pustaka yang dikembalikan oleh pemustaka akan disterilkan terlebih dahulu. Proses sterilisasi dilakukan dengan didiamkan selama 3 hari. Setelah 3 hari bahan pustaka akan diproses pengembaliannya.

2. Pengembalian Koleksi 

Kegiatan pelayanan sirkulasi dimana anggota perpustakaan SMAN 1 Bandung yang telah/sedang meminjam koleksi milik Perpustakaan SMAN 1 Bandung mengembalikannya melalui ruang pelayanan sirkulasi sesuai dengan peraturan yang berlaku

3. Perpanjangan Koleksi 

Perpustakaan adalah pelayanan sirkulasi dimana anggota perpustakaan SMAN 1 Bandung  mengembalikan koleksi milik perpustakaan SMAN 1 Bandung lalu meminjamnya kembali. 

Ketentuan Umum :
  • Hanya Anggota perpustakaan SMAN 1 Bandung yang berhak dilayani di pelayanan sirkulasi
  • Lama Peminjaman maksimal 2 Minggu, jumlah peminjaman masksimal 3 eksemplar
  • Perpanjangan koleksi hanya dapat dilakukan beberapa kali sesuai kebutuhan
  • Bila terjadi keterlambatan pengembalian buku dikenai denda Rp 500/hari
Web-Site Peminjaman Buku:

Comments :

Posting Komentar